Masyarakat Suka Mulia Juga Keluhkan Status Lahan, DR Afni Z : Itu Sudah Jadi Program Utama Kami

Siak –  Untuk kesekian kalinya, masyarakat Siak kembali mengeluhkan status lahan, yang hingga kini belum tuntas.

Kali ini, keluhan itu diutarakan masyarakat Desa Suka Mulia, Kecamatan Dayun. Mereka menyampaikan keluhan itu, saat hadir dalam kampanye dialogis calon Bupati Siak nomor urut 2, Drs Afni Z, Jumat (4/10/2024).

Dari pantauan lapangan, kehadiran calon Bupati Siak perempuan pertama itu, disambut hangat oleh masyarakat.

Pertemuan itu dimanfaatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Salah warga mengungkapkan, hingga saat ini mereka masih kesulitan memecah nama lahan mereka.

“Daerah kami ini merupakan daerah transmigrasi, jadi masalah yang kami hadapi adalah perihal pemecahan nama untuk lahan kami, kami sudah melaporkan ke BPN tetapi hingga saat ini belum ada tanggapan,” ungkapnya.

“Kami harap bila Bu Afni terpilih sebagai Bupati Siak, permasalahan lahan kami bisa terealisasi,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Dr. Afni Z menyampaikan, permasalahan lahan masyarakat memang banyak terjadi. Hal itu pula yang membuat dirinya bersama Syamsurizal membuat program perjuangkan hak hutan masyarakat menjadi program utama.

“Soal balik nama merupakan program utama kami dalam memperjuangkan hak hutan masyarakat. Saya yakin banyak permasalahan lahan yang terjadi di masyarakat, karena peta Kabupaten Siak saya hafal, ada banyak mafia tanah di Siak ini,” ujarnya.

Karena kondisi itu pula, Dr. Afni berpesan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati apabila membeli lahan.

“Saya pernah melaporkan untuk korban mafia tanah tetapi tidak ada tanggapan apa-apa. Kali ini saya akan menjadi Bupati Siak untuk membantu masyarakat dari mafia-mafia tanah,” tegas Dosen Unilak itu.

Afni juga mengatakan, tak hanya mengenai balik nama, beberapa persoalan lahan lainnya juga menjadi masalah utama yang hingga kini dihadapi masyarakat.

“Jika persoalan lahan ini semakin dibiarkan, makan akan pecah konflik-konflik di masyarakat, jadi bapak/ibu, saya mohon dukungan bapak ibu agar saya dapat membantu masyarakat mendapatkan kembali haknya,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Dr Afni juga menjelaskan program-program unggulan yang akan dilaksanakan saat ia terpilih nantinya.

Pemaparan itu mendapat perhatian serius dari masyarakat. Mereka juga menyatakan dukungan dan siap memenangkan pasangan Dr Afni Z-Syamsurizal dalam Pilkada Siak kali ini. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *