Darbi Desak Pemprov Riau Perketat Pengawasan Galian C Ilegal di Rohul

RokanHulu –  Maraknya galian C ilegal di Riau menjadi sorotan serius. Darbi, Ketua Perkumpulan Tambang Rokan Hulu, mendesak Pemerintah Provinsi Riau untuk segera mengambil tindakan.

“Kurangnya pemahaman pengusaha akan perizinan dan lemahnya pengawasan menjadi penyebab utama maraknya galian C ilegal,” imbuh Darbi, kepada Wartawan, Jumat (04/10/2024).

Data dari Bapenda Rokan Hulu kata Darbi, menunjukkan bahwa dari 8 pengusaha galian C, hanya 1 yang melaporkan hasil produksi.

“Hal ini tentunya mengakibatkan kerugian negara yang signifikan akibat pajak yang tidak terbayarkan,” tegasnya.

Selain itu, kata Darbi, galian C ilegal juga berdampak buruk pada lingkungan dan dapat memicu konflik sosial.

“Akibatnya, banyak pengusaha yang harus membayar sejumlah besar uang kepada oknum aparat dan wartawan untuk bisa beroperasi,” paparnya.

Darbi mengusulkan agar, Pemprov Riau melakukan edukasi intensif kepada para pengusaha galian C mengenai tata cara perizinan yang benar. Selain itu, perlu dilakukan pengawasan yang lebih ketat dan penegakan hukum yang tegas terhadap pelaku pelanggaran.

“Jika Pemprov Riau tidak mampu mengatasi masalah ini, kami mendesak PJ Gubernur untuk mengevaluasi dinas terkait,” tegas Darbi mengakhiri.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *