Deklarasi GAS Meledak di Pilkada Siak, Konsumsi Disiapkan Rakyat

Siak – Tiga pasangan calon yang akan bertanding di Pilkada Siak telah menyatakan deklarasi. Ketiganya juga sudah mendaftarkan diri ke KPU. Namun dari ketiganya, pasangan Afni-Syamsurizal berhasil menghentak publik Siak.

Figur sentralnya tertuju pada pendatang baru, anak muda, dan calon Bupati perempuan pertama di Siak, Dr.Afni Z, M.Si. Berpasangan dengan anggota DPRD Siak tiga periode Syamsurizal (Budi), kandidat dengan jargon KITO GAS ini berhasil menghentak tahapan awal Pilkada Siak.

Lebih dari dua ribu massa simpatisan dan pendukung turut menghadiri acara deklarasi, dan mengantarkan pasangan ini ke KPUD Siak. Massa yang datang tumpah ruah hadir menggunakan ratusan kendaraan, mulai dari bus, mobil, sampai sepeda motor. Mereka datang dari berbagai kampung se Kabupaten Siak.

“Masyarakat desa kami sudah dibantu Bu Afni sejak lama, terutama masalah konflik lahan. Beliau bahkan mau tidur di desa kami yang tak ada listriknya. Jadi saat dengar beliau akan deklarasi, kami ingin hadir. Inilah sedikit ucapan terimakasih kami untuk keikhlasan beliau,” kata warga Sungai Mandau, Atik menjawab media (29/8).

Warga Kandis dan Minas juga banyak yang hadir dengan inisiatif sendiri, karena mengaku pernah bersentuhan dibantu Afni saat melindungi kebun sawit mereka yang berada dalam kawasan.

“Bu Afni ini macam tak ada lelahnya. Meski masalah kami belum selesai saat ini, tapi kami tau Bu Afni sudah ikhlas membantu. Kami doakan beliau jadi Bupati, yakin masalah kampung kami nantinya akan selesai,” kata Anis (39), warga Kandis.

Sementara Firman (37) warga Sungai Apit, mengaku hadir karena ini momen bersejarah bagi kampung mereka. “Kami ikhlas mengantarkan Bang Budi (Syamsurizal). Kapan lagi orang kampung Sungai Apit jadi wakil Bupati. Apalagi pendampingnya Bu Afni, yang sudah banyak membantu desa di pesisir Sungai Apit,” katanya.

Dari massa yang hadir juga didominasi kalangan warga Nahdliyin. Hal ini tak terlepas dari kiprah Afni sebagai Ketua Muslimat NU Kabupaten Siak. Keikhlasan dan ketulusan membantu pasangan ini, ditunjukkan dengan tersedianya konsumsi lebih dari 1.500 porsi yang disiapkan oleh kalangan rakyat secara sukarela.

“Kami hanya bisa menyumbang tenaga untuk Bu Afni dan Pak Syamsurizal. Yang masak Ibu-ibu relawan, berbagi dari beberapa kecamatan. Tadinya kami kira 1.500 porsi nasi bungkus cukup, ternyata yang datang membludak, Alhamdulillah kami bersyukur banyak yang datang ikhlas mendukung dan mendoakan,” kata Suli, salah satu relawan GAS.

Salah satu tim koalisi pemenangan GAS, Sujarwo mengatakan pihaknya tidak menyangka jumlah massa yang hadir akan sangat membludak. Jika dihitung dari jumlah konsumsi yang disediakan relawan, maka jumlah kehadiran lebih dari 2 ribu orang secara sukarela.

“Kami cuma mengundang lewat medsos dan telpon saja. Juga dibantu jejaring pengurus Partai. Semua datang dengan tulus ikhlas mengantarkan pasangan GAS. InsyaAllah gerakan rakyat seperti ini menandakan masyarakat Siak butuh perubahan dan ingin pemimpin baru,” kata Sujarwo.

Membludaknya massa yang hadir juga semakin membuncah dengan kehadiran banyak tokoh masyarakat, tokoh politik, dan alim ulama.

Diantaranya ada dua mantan Bupati Siak Syamsuar dan Arwin. Juga terlihat mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar. Serta kalangan ulama KH Toyib Firdaus, Kyai Suyoto, dan Gus Anam. Serta banyak tokoh lainnya.

“Di antara semua calon yang mendaftar ke KPU, inilah yang benar-benar terlihat euforia rakyat yang mengantar. Benar-benar meledak. Saya sampai merinding melihat jumlah massa Afni-Syamsurizal. Ribuan orang ikut mengantar. Semua terlihat tulus ikhlas datang membantu,” kata seorang staff KPU Siak yang minta tak disebutkan namanya.

Selain pasangan GAS, Pilkada Siak juga diikuti pasangan incumbent Alfedri-Husni dan pasangan Irving Kahar-Sugianto.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *