Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) H Surta Wijaya, SPd, MSi secara resmi melantik pengurus DPD Apdesi Riau periode 2024-2029 yang diketuai Zulfahrianto, SE.

Pekanbaru – Pelantikan dilaksanakan Rabu (16/10/2024) malam di Pekanbaru dan dihadiri sekitar 500-an kepala desa se-Riau.

Dalam sambutannya, Surta Wijaya yang hadir didampingi Sekjen Somali menegaskan, bahwa mereka adalah organisasi yang sah.

“Kita Apdesi yang sah, jangan ragu dan bingung. Organisasi boleh banyak, eksistensinya yang penting,” tegasnya.

Sejak terpilih sebagai ketua tahun 2021, Surta Wijaya mengatakan pihaknya terus berjuang untuk desa yang lebih baik ke depan.

Menurutnya, konsentrasi desa jangan hanya sekadar infrastruktur, hendaknya juga ditekankan pada pengembangan sumber daya manusia.

“Dana desa juga penting digunakan untuk SDM. Sekolahkan dan kuliahkan putra putri terbaik desa. Jadi kepala desa bukan mengejar apa yang kita dapat, tapi apa yang bisa diberikan kepada masyarakat,” pesannya.

Sementara itu, Ketua DPD Apdesi Riau Zulfahrianto, SE mengingatkan seluruh jajaran ownguria dan anggota Apdesi Riau, untuk selalu memperbaiki diri dalam membangun dan memajukan desa.

“Jangan pernah ragu untuk berbuat kebaikan. Tetaplah berkarya, semangat majukan daerah masing-masing,” ujar pria yang akrab disapa Anto Sontang ini.

Dari pantauan di lokasi pelantikan, prosesi pelantikan diawali tari persembahan yang kemudian dilanjutkan pembacaan Alquran. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Apdesi serta doa.

Dalam kesempatan itu, juga dibacakan surat keputusan dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Kemudian diputar video pencapaian Desa Sontang, Bonai Darussalam, Rokan Hulu, tempat di mana Zulfahrianto memimpin sebagai kepala desa.

“Terima kasih Ketum yang melantik dan seluruh tamu yang hadir meluangkan waktu. Kami bangga dengan Apdesi,” lanjut Zulfahrianto.

Ia juga menegaskan, tak ada dualisme di tubuh Apdesi. Karena organisasi yang sah berada di bawah Surta Wijaya.

Sementara itu, Pj Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Aswandi, SP, MSi, mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus Apdesi Riau di bawah kepemimpinan Anto Sontang.

Pihaknya berharap, momen pelantikan ini dijadikan sebagai langkah dalam. upaya memperkuat desa.

Jajaran Apdesi Riau juga diharapkan mampu memberi warna dan kontribusi serta dampak positif kepada masyarakat dan pembangunan desa. Apalagi desa merupakan garda terdepan pembangunan.

“Kuatkan sinergi dengan pemerintah kabupaten dan provinsi untuk ketahanan sosial dan ekonomi,” ujarnya.

Direktur Fasilitasi Perencanaan Keuangan dan Aset Pemerintah Desa, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Drs Lutfi TMA, MSi turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah membina Apdesi. Dalam sambutannya disinggung soal peran penting desa dan sumber-sumber pendanaan. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *