Daerah  

Prakiraan Cuaca Riau Hujan di Beberapa Wilayah, BMKG: Ada 28 Hotspot

Vokalsatu.com – Cuaca untuk Provinsi Riau hari ini, Selasa (6/8/2024). Yakni ada menunjukan variasi kondisi beragam pada berbagai wilayah. Hal itu sesuai diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

Namun demikian, BMKG itupun keluarkan hal peringatan dini untuk masyarakat agar ini tetap waspada terhadap kemungkinan adanya hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari, cuaca di beberapa wilayah Riau diprakirakan kabur hingga berawan. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan akan terjadi di Kabupaten Rohul, Rohil dan Kampar.

“Kami mengimbau warga untuk berhati-hati saat berkendara, terutama di pagi hari ketika visibilitas rendah akibat kabut,” kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Bella Rizki Adelia.

Menjelang siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan akan cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan hingga sedang bisa terjadi di Kabupaten Kampar, Inhil, Meranti, Pelalawan, Bengkalis, Rohul, Inhu, Siak, Kota Dumai dan Pekanbaru.

Pada malam hari, cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan. Hujan ringan hingga sedang diprakirakan turun di Kabupaten Rohul, Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, Kuansing, Rohil, Kota Dumai dan Pekanbaru.

Kesempatan itu, ia mengatakan, pihaknya mencatat hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera masih tinggi, Selasa (6/8/2024). Hanya saja hotspot di Provinsi Riau masih membludak, yang terbanyak terdeteksi di Kabupaten Inhil.

“Total titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera ada 134 titik, terbanyak Babel 43 titik dan Sumsel 31 titik, Aceh dua titik, Bengkulu dua titik, Jambi 12 titik, Lampung delapan titik, Sumbar dua titik, Sumut lima titik, dan Kepri satu titik. Dan Provinsi Riau ada 28 titik,” katanya.

Ia pun mengatakan, khusus untuk Provinsi Riau yang terdeteksi sebanyak 28 titik. Hal itu berada di Kabupaten Inhil dan Inhu yang merupakan lahan gambut. Dimana, di Inhil ada sebanyak 24 dan begitu pula di daerah Inhu ada 24 titik.  **Irul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *