Ketua Pembina DPP – PPRI Geram Regulasi Perizinan Galian C Sangat Pelik!

vokalSatu.com – Pekanbaru – Persoalan Galian C di Provinsi Riau merupakan hal yang sangat unik dan populer, selain dari hasil galian C merupakan hal yang menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, baik untuk membangun Rumah, Ruko dan bangunan fisik Pemerintah Daerah, maupun Desa, bahkan pembangunan Projek Nasional.

Selain sangat di butuh kan tapi sangat banyak menimbulkan persoalan yang rumit dan tak kunjung selesai, kadangkala ada yang memperkaya diri dari kegiatan tersebut.

Ada juga oknum yang mencari nafkah dari kegiatan itu karna ilegal, ada juga para oknum oknum lain yang memanfaatkan para pekerja Quari ilegal, untuk di jadikan sumber keungannya.

Hal tersebut terjadi dikarnakan regulasi perizinan yang tidak konsisten, sempat perizinan menjadi wewenang Pemerintah Pusat, kemudian di tarek ke Pemerintah Daerah, kemudian di tarek kembali pengurusan izin ke Pemerintah Pusat, dan sekarang ini di tarek lagi ke Pemerintah Provinsi.

Salah seorang pengusaha Galian C yang takut menyebut namanya menerangkan pihaknya sudah berusaha mengurus segala macam perizinan usaha Galian C, namun tetap saja izin tidak dikeluarkan Pemerintah.

“Kami harus bagaimana lagi, perizinan sudah beberapa kali kami urus, tapi tetap saja izin tidak dikeluarkan, “ujarnya.

Persoalan perizinan ini memang sangat pelik dan menjadi perebutan kewenangan, mulai dari perizinan sampai kepada pengelolaan.

Regulasi perizinan yang sangat pelik ini sampaikan Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Pimpinan Redaksi Intelektual (PPRI) DARBI SAg kepada awak media, Kamis (11/07/2024).

Lebih lanjut Darbi mengungkapkan bahwa regulasi perizinan usaha Galian C di Provinsi Riau ini harus di permudah, untuk meminimalisir oknum – oknum yang mengambil kesempatan.

“Kita meminta dinas ESDM Propinsi Riau untuk tanggap terhadap persoalan Galian C di Provinsi Riau, harus intens mendata, menindak bagi pengusaha galian C yang bandel.

‘Kalau lah Dinas ESDM mampu mengelola ini semua tentu akan menghasilkan penghasilan Daerah dari sektor pertambamgan ini, dan kita berharap jangan ada oknum oknum yang mencari keuntungan di saat para pengusaha galian C sudah mau dan ingin mengurus perizinan galian C di Provinsi Riau ini.

“Kita dari DPP PPRI tentunya akan selalu intens memantau dan mengikuti perkembangan pertambangan di Riau khususnya Galian C,”(**)

Editor: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *