Heboh Perjalanan Dinas Fiktif,Jhon di Biro Pinem Akui Temuan BPK di Biro Perekonomian

PEKANBARU, VOKALSATU.COM– Heboh kasus perjalanan dinas fiktif yang membuat mantan Plt Sekwan DPRD Riau yang juga Kepala Dinas Pendidikan Riau T. Fauzan Tambusai ditahan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Rabu (15/5/2024), ternyata ada juga di hampir sebagian besar organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Riau.

Informasi yang diperoleh media siber ini, hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau Tahun Anggaran (TA) 2023, ditemukan indikasi perjalanan dinas fiktif di 23 OPD di lingkungan Pemprov Riau.

“Paling banyak ditemukan di Biro Perekonomian Setdaprov Riau dengan 113 temuan, menyusul Inspektorat Riau 81 temuan, Dinas PUPR Riau 79 temuan. Sedang terkecil, di Biro Pembangunan dengan 3 temuan,” ujar sumber yang enggan namanya diposting Riausatu.com, Jumat (17/5/2024) siang.

Sumber mengatakan, mulai tadi pagi Tim Audit dan Verifikasi BPK RI Perwakilan Wilayah Riau turun melakukan konfirmasi uji petik ke-23 OPD dimaksud untuk dimintai surat pertanggungjawaban (SPJ) dan bukti pendukung atas temuan indikasi perjalanan dinas fiktif tersebut.

Ketika dikonfirmasi media siber ini melalui pesan WhatsApp, Jumat (17/5/2024) siang, Jhon Armedi Pinem, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Riau pada 2023, membenarkan adanya 113 temuan indikasi perjalanan dinas fiktif di biro yang pernah dipimpinnya.

“Dari 113 indikasi temuan, telah dikonfirmasi ke Tim BPK bahwa bahwa Biro Perekonomian hanya ada 21 indikasi temuan, dan semuanya sudah dikonfirmasi ke Tim BPK,” jawab Jhon Armedi Pinem, yang sekarang menjabat Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau.

Dikonfirmasi terpisah melalui pesan WhatsApp pada hari yang sama, Kepala Inspektorat Provinsi Riau, Sigit Juli Hendrawan, tidak menjawab pertanyaan yang dikirim oleh Riausatu.com, sampai berita ini tayang.

Padahal, ditahannya T. Fauzan Tambusai oleh Korps Adhyaksa Riau adalah hasil audit perhitungan kerugian negara yang dilakukan Inspektorat Provinsi Riau di Sekretariat DPRD Provinsi Riau Tahun Anggaran 2022. (SUTAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *